FILSAFAT BAHASA. 2015. FULSAFAT BAHASA DALAM SCIENTIFIC. SURAKARTA: YUMA PUSTAKA

Kata Pengantar
Assalamu‘alaikum wr. wb.
Dengan menyebut asma Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan modul “Filsafat Bahasa dalam Scientific Berbasis Pendidikan Karakter” ini dengan baik. Walaupun banyak sekali kekurangan pada modul ini kami mengharapkan kritik dan saran  bagi pengembangan modul ini. Penulis mengharapkan modul ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan wawasan filsafat analitik bahasa baik secara mandiri, ataupun dengan bantuan dosen pengajar atau pembimbing. Walaupun modul ini belum sempurna, setidaknya penulis telah berusaha untuk membuat  sebaik mungkin dan dapat dipergunakan untuk pembelajaran filsafat bahasa dalam scientific berbasis pendidikan karakter.

Dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran agar menjadi bahan perenungan penulis dalam penyusunan modul filsafat  selanjutnya. Kritik dan saran dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat akan kami jadikan acuan dalam memperbaiki modul ini. Selain itu juga penulis berdoa kepadaa Tuhan Yang Maha Esa agar modul ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan dapat bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan mahasiswa jurusan lain yang selalu menggunakan bahasa sebagai alat dalam kajian keilmunnya.
 Modul Filsafat Bahasa dalam Sientific Berbasis Pendidikan Karakter sebagai modul pegangan mahasiswa dalam rangka kajian bahasa dalam pembelajaran bahasa yang berbasis pendidikan karakter.  Peran dosen sangat luar biasa dalam membentuk suatu kebiasaan akademik yaitu dengan memecahkan persoalan dalam bidang bahasa dan pendidikan bahasa dengan menggunakan pendekatan Scientific yang berbasis pendidikan karakter yang diamanatkan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi tahun 2013 serta analisis mendalam terhadap persoalan tersebut.
Dalam modul ini kami membagi 10 modul dengan alokasi pertemuan 14 kali pertemuan dengan 1 kali pertemuan 90 menit. Modul Filsafat Bahasa dalam Sientific Berbasis Pendidikan Karakter ini diharapkan  dapat menjadi bahan ajar bagi mahasiswa / mahasiswi dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan individu, kehidupan bermasyarakat, bangsa, negara dan agamanya.  Bangsa yang maju, mandiri dan berbudaya merupakan bentuk perwujudan dari bangsa yang cerdas yang membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan manusia yang dapat mempergunakan akal pikirannya yang dilandasi akal sehat atau hati nurani yang luhur dalam rangka mencari nilai-nilai kebenaran dalam berbagai bidang kehidupan. Bukan mencari nilai kebenaran yang relatif yang dapat dipermainkan oleh tahta, gemerlapnya harta, dan semua kenikmatan yang semu.  Mereka harus sadar bahwa pada hakikatnya manusia akan menjadi tidak memilikinya secara kekal abadi karena tahta, harta dan keindahan akan pergi bersamaan dengan waktu.  Untuk itu yang abadi dan menjadi bekal adalah ilmu yang berguna bagi kemaslahatan umat, harta yang digunakan berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, serta anak-anak yang sholeh yang akan mendoakan kita di alam akhirat.
Modul Filsafat Bahasa dalam Sientific Berbasis Pendidikan Karakter dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan membaca buku teks dengan melakukan kegiatan membaca, menyimak, dan mengerjakan evaluasi dan tes formatif yang terdapat dalam setiap modul. Modul Filsafat Bahasa dalam Sientific Berbasis Pendidikan Karakter terdiri dari 10 modul yang meliputi:  modul pertama dengan Judul tantangan bahasa dalam era globalisasi, berisi pendahuluan, tantangan bahasa, dan peranan bahasa ibu yang berisi tentang kajian teori dari beberapa ahli dan ditambahkan hasil dari penelitian Agoes Hendriyanto yang telah dipublikasikan baik di Jurnal ilmiah maupun proseding. Pada modul  2 merupakan inti sari dari modul ini yang didalamnya berisi Filsafat Bahasa dalam Pembelajaran terdiri dari beberapa sub modul  yang meliputi: Pendahuluan, Filsafat Bahasa, Tokoh Filsafat Bahasa, Filsafat Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa,  Filsafat bahasa dalam Pendekatan Scientific, serta Pendidikan karakter.  Dalam modul 2 ini ditampilkan hasil penelitian Agoes Hendriyanto baik yang menunjang dari modul  2 ini yang dipublikasikan di Jurnal ilmiah dan proseding. Modul 3 berisi mengenai Sejarah Filsafat Bahasa yang didalamnya berisi sub modul  sebagai berikut: Perkembangan Filsafat Bahasa, Filsafat Bahasa Jaman Yunani, Filsafat Bahasa Jaman Romawi,  Filsafat Bahasa Jaman Pertengahan, Filsafat Bahasa Jaman Modern, serta evaluasi. 
 Modul  4 Logika dan Penalaran terdiri dari: pengertian logika, dasar penalaran dalam logika, sejarah logika, logika sebagai matematika murni, kegunaan logika, macam-macam logika, serta kesalahan atau kesesatan. Modul 4 sebagaimana yang telah diuraikan di atas pada prinsipnya manusia dalam mengarungi dunia globalisasi yang selalu mempergunakan bahaasa senantiasa menggunakan nalar dan proses berpikir.  Proses berpikir atau sering kita dengar proses bernalar selalu menghubungkan suatu pernyataan yang telah dikemukakan oleh seseorang atau diri sendiri dengan kenyataan yang ada apa dapat terwujud atau tidak.  Dengan demikian proses bernalar tidak dapat kita guakan untuk menalar atau memikirkan tentang hakikat dari Ketuhanaan, dan yang berhubungan dengan agama. 
Untuk lebih mendalami filsafat bahasa perlu kiranya untuk mempelajari modul selanjutnya yaitu modul  5 tentang “Bahasa dan Filsafat Bahasa” yang terdiri dari beberapa topik seperti: pengertian bahasa, fungsi bahasa, bahasa menurut Ferdinand de Sausure, bahasa menurut Noam Chomsky, serta hubungan antara  filsafat dan bahasa. Seperti yang telah dijelaskaan di atas dalam modul 5 ini mahasiswa dihadapkan dari 2 pandangan yang berbeda tentang bahasa yaitu ferdinand de sausure dan Noam Chomsky yang memandang bahasa daari sudut yang berbeda.  Ferdinand de Sausure memiliki kecenderungan untuk memahami bahasa dari struktur pembentuk bahasa (fonem, morfem, frasa, klausa, dan wacana) serta ilmu yang mendukungnya seperti (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). Tetapi Noam chomsky mempelajari bahasa dari fungsi bahasa sebaagaai alaat komunikasi sehingga dari pemikiran Chomsky ada teori competence, performance, diakronik, sinkronik dan sebagainya. 
Modul  6 Makna bahasa terdiri dari teori makna, perkembangan jenis kata dalam filsafat bahasa, serta pengertian makna. Pada modul 7 Filsafat Analitik terdiri dari: Filsafat Analitik, George Edward Moore, Pemikiran George Edward Moore terhadap Filsafat Bahasa, Naturalisme Etis George Edward Moore, serta Pembokaran George Edward Moore Kesalahan Naturalistik. Modul 8 Atomisme Logis Bertrand Russel terdiri dari sub pokok bahasan: Atomisme Logis, Prinsip Kesesuaian Bertrand Russel, Struktur Proposisi Bertrand Russel, Kelemahan Teori Bertrand Russel. Sedangkan Modul 9 Atomisme Logis Wittgenstein pokok bahasan yang akan dikaji dan dibahas terdiri dari;  Pemikiran Wittgenstein I, Pemikiran Wittgenstein II, Permainan Bahasa dalam Pembelajaran, serta kelemahan dari pemikiran  Wittgenstein.
Modul terakhir adalah modul 10 dengan topik Bahasan Positivisme Logis Alfred Jules Ayer yang membahas tentang: Positivisme Logis, Alfred Jules Ayer, positivisme Alfred Jules Ayer, kritik Positivisme Alfred Jules Ayer. Selain hal tersebut di atas modul ini juga kami sudah memberikan muatan Kurikulum KKNI 2013 dengan lebih mengutamakan proses dalam pembelajaran serta  scientific atau metode ilmiah dalam setiap pengambilan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan,  tujuan pembelajaran pada awal  modul, simpulan, evaluasi dan formatif.  Selain itu juga modul ini sudah kami  sesuaikan dengan jumlah mahasiswa tidak lebih dari 30 mahasiswa dalam 1 kelas, serta alokasi waktu 2 sks. Waktu pembelajaran setiap minggu hanya 2 sks dengan jumlah pertemuan 14 kali dengan jumlah modul 10 dengan perencanaan pembelajaran sebagai berikut: 1 modul 2 sks tatap muka di kelas dan belajar mandiri di rumah dengan menyelesaikan evaluasi dan formatif yang telah disediakan di modul ini. Adapun sisa 4 pertemuan kami gunakan untuk presentasikan artikel yang terdapat dalam evaluasi beberapa modul.  Walaupun sebenarnya jam mata kuliah filsafat bahasa masih sangat kurang, menyebabkan dosen harus pandai untuk membuat perencaaan pembelajaran sehingga modul ini sampai 10 modul dapat terselesaikan dalam jangka waktu 14 kali pertemuan kali 90 menit.               
             Tak ada gading yang retak, jika pada penulisan modul ini banyak kesalahan tulisan atau  ada kalimat yang membuat hati pembaca tidak berkenan, dari hati yang paling dalam penulis mohon kiranya dimaafkan. Marilah kita wujudkan mimpi kita dengan dilakukan dengan usaha yang optimal, selalu mendekatkan diri  pada Sang Khaliq Pencipta Alam Semesta, mulailah untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia.  Jadikanlah dirimu menjadi inspirasi kebaikan dan kemajuan bagi orang lain.  Jadikanlah dirimu menjadi model perbuatan baik dan terpuji Insyaallah Tuhan yang Maha Esa akan meridhoi perbuatan kita sehingga akan menghasilkan sesuatu yang terbaik.  Janganlah takut akan penderitaan dan cobaan karena akan menjadi obat yang akan menjadikan kita sebagai sosok pribadi yang kuat, mempunyai karakter yang hebat dan luar biasa dalam rangka memberikan harapan, motivasi, dedikasi yang luar biasa bagi kemajuan berpikir manusia dalam menemukan kebenaran yang abadi. Janganlah saling mencela antar makhluk karena kita ditakdirkan sama sebagai makhluk Allah SWT karena manusia hanya mencari Ridho-Nya.  Hidup ini penuh dengan pilihan oleh karena itu bertanggungjawablah terhadap pilihan-pilihan hidup.
Untuk itu marilah kita meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial, janganlah merasa telah menjadi manusia hebat dengan banyak gelar yang disandangnya, banyak hartanya, banyak rumahnya karena itu hanya sementara bertahan dalam hitungan tahun. Marilah kita berlomba-lomba menjadi manusia yang senantiasa menjadi lilin dalam kegelapan yang menjadi penerang jalan bagi sesama, memberi bantuan jika ada disekitar kita yang memerlukan bantuan, jangan lupa jadikan dirimu menjadi kekasih-Nya. Selamat berjuang saudara / mahasiswa / mahasiswi / pembaca / ilmuwan / peneliti diseluruh Indonesia untuk menjadi  manusia yang luar biasa.  Marilah kita  belajar, kerkarya, bekerja, dan berdoa disertai dengan keihlasan Insyaallah akan mendapatkan kemudahan dalam mewujudkannya. Percayalah jika hal tersebut di atas kita laksanakan dengan keikhlaasan dan rasa percaya diri yang kuat disertai dengan doa kepada Tuhan Yang maha Esa ada sebuah dorongan kuat  dari semua arah mata angin untuk membantu anda  menjadi orang hebat dan luar biasa. Semoga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud dan menjadikan semua angan-angan dan cita-cita kita akan terwujud. Amien
Wassalamu ‘alaikum wr. wb.


Pacitan, 2 Mei  2015
Penulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN KESALAHAN BAHASA DALAM SURAT DINAS SD KARANGNONGKO 2 KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Sri Amini, Dosen Pembimbing Agoes Hendriyanto, M.Pd

PERSEPSI UJARAN

KISI-KISI UAS LINGUISTIK TERAPAN 2015/2016 AGOES